Cara Melatih Anjing


Anak anjing memang kerap menimbulkan masalah. Persoalan paling awal yang dialami kebanyakan orang ketika memiliki anak anjing adalah persoalan buang air kecil dan buang air besar. Memang ada anak anjing yang buang air kecil dan buang air besar pada tempatnya. Berarti anak anjing itu tergolong super pintar. Ia cepat menangkap apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Anda sangat beruntung jika memiliki anak anjing seperti itu.
Jika anda termasuk kurang beruntung karena anak anjing anda buang air kecil dan buang air besar sembarangan, tugas anda untuk belajar memahami bagaimana supaya kebiasaan tidak baik itu hilang.
Hal rutin yang harus dibiasakan :
1. Sebelum mulai beraktifitas pada pagi hari, bawa anjing anda ke luar rumah
2. Bawa anjing anda ke luar rumah setelah ia makan. Tunggu hinga 30 menit. Waktu menunggu anjing buang hajat bisa dikurangi seiring bertambahnya usia anjing
3. Beri pujian jika anjing anda akhirnya buang air kecil atau buang air besar
4. Tetap beri pujian meski anjing anda tidak buang air kecil atau buang air besar. setidaknya, pujian itu ditujukan karena kemauannya untuk diajak ke luar rumah
5. Jika di dalam rumah anda melihat anjing berputar-putar sambil melakukan gerakan sepeti menggali tanah, segera bawa ia ke luar rumah
6. Jangan tinggalkan anjing tanpa anda bisa melihat gerak-geriknya. Anjing sebaiknya tidak ditinggal sendirian apalagi dalam ruang tertutup hingga berusia sekitar 1 tahun.
7. Anjing bisa ditinggalkan di halaman rumah. Namun jangan lupa berikan mainan. Ingat, jangan terlalu lama meninggalkannya sendirian.
8. Beri anjing anda makan sekitar 1 hingga 2 jam sebelum ia tidur.
9. Jangan pernah membentak anjing anda yang masih berusia muda atau menempelkan hidung anjing ke kotorannya sendiri, karena buang hajat sembarangan. Ingat, ia masih sangat muda. Seperti anak kecil, mereka juga perlu waktu untuk mengetahui bahwa buang hajat harus pada tempatnya.
10. Jika anjing buang hajat di dalam rumah, bersihkan segera dengan alat-alat pembersih lantai yang bisa menghilangkan bau kotoran anjing.
11. Ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter hewan mengenai jadwal makan dan buang hajat si anjing
Ditulis dalam Melatih Anjing. Leave a Comment »Latihan 1 Tahun Pertama Usia Anjing
Februari 7, 2008 — anjingku
Pertumbuhan anak anjing terbilang cepat. Kita pasti akan merasa terkejut jika merenungkan hal ini. Anak anjing yang anda beli misalnya berusia sekitar 3 bulan. Sementara masa bersama dengan anak anjing kesayangan baru menginjak masa 3 bulan. Berarti ia telah berusia 6 bulan.
Anak anjing trah besar sudah nampak seperti anjing kebanyakan yang berusia dewasa. Ia terlihat besar dan cukup untuk membuat nyali orang menjadi ciut. Padahal, anda masih ingat betul seperti apa anak anjing itu ketika anda beli 3 bulan yang lalu.
Perlu diingat. Berapapun besarnya tubuh anak anjing, ia tetap anak anjing. Ia belum menjadi anjing dewasa hingga berusia sekitar 1 tahun. Untuk itulah, pelatihan terhadap anak anjing harus dilakukan sejak dini.
Hingga usia 1 tahun, anak anjing suka menggigit dan mengunyah apa saja. hal itu disebabkan oleh pertumbuhan gigi. Ketika ia mencoba menggigit anda, segera berikan mainan anjing ke mulutnya. Jangan bentak anjing anda. Beri pujian begitu ia menggigit mainan yang anda berikan. Jika tidak ada mainan untuk digigit dan dikunyah, berikan handuk bekas yang sudah dibasahi dengan air es.

Periode sebelum anjing berusia 1 tahun adalah periode yang berat bagi pemilik dan anjing itu sendiri. Ketekunan dalam melatih anak anjing harus selalu dijaga. Dengan demikian, kesulitan ketika anjing berusia 1 tahun tidak akan terjadi.

Berikut petunjuk dasar latihan untuk anak anjing hingga ia berusia 1 tahun.

Penggunaan kata untuk memberikan perintah tidak harus menggunakan bahasa Inggris. Bahasa apapun asal bisa dimengerti dan tidak membuat anjing bingung juga dapat digunakan.

Usia 1 – 5 bulan
Perintah yang harus dilatih :
-memperhatikan
-datang ketika dipanggil
-menunggu
-berjalan dengan tali badan dan tali penuntun
-duduk
-larangan menyentuh benda
(lakukan latihan dengan cara-cara yang menyenangkan bagi anjing dan jangan terlalu keras dalam melatih)
Latihan ringan :
-berjabat tangan
-menggonggong

Usia 5 – 8 bulan
Perintah yang harus dilatih :
-berbaring
-melepaskan benda
-duduk diam
-berdiri
(Perintah pada usia 1 hingga 5 bulan harus terus dilatih. Pada kategori usia 5-8 bulan, latihan kepatuhan dapat mulai diajarkan)
Latihan ringan :
-mencium
-merajuk
-bergulingan

Usia 8 – 12 bulan
Perintah yang harus dilatih :
-Pemantaban latihan kepatuhan
-Meneruskan latihan pada usia 1 – 5 bulan dan 5 – 8 bulan
Latihan ringan :
-berputar-putar
-bergulingan
-telentang dalam keadaan diam

Anak anjing berusia sekitar 6 bulan hingga 1 tahun ibarat telah memasuki masa remaja. Mereka perlu kesibukan. Mereka ingin bersikap seperti anjing dewasa namun belum cukup mental. Rasa tidak percaya diri masih menghinggapi anjing hingga berusia 1 tahun.
Menjelang usia 1 tahun, aktifitas mengajaknya berjalan-jalan serta bermain harus makin ditingkatkan. Sediakan waktu sebanyak mungkin untuk bersama anjing kesayangan.

Tips :
Ciptakan kondisi menyenangkan saat melatih
Cari cara mudah dan tidak membingungkan bagi anjing
Tanamkan pada benak anjing bahwa Anda adalah pemimpinnya
Jangan bentak anjing jika ia tidak menuruti perintah
Segera hentikan latihan jika anda mulai merasa jengah dalam melatih

~ by venansiusorlando on March 22, 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: